Cara Mudah Atau Resep Membuat Fried Chicken ( Renyah Crispy )

Cara Mudah Atau Resep Membuat Fried Chicken ( Renyah Crispy )
Cara Mudah Atau Resep Membuat Fried Chicken ( Renyah Crispy )-Selamat malam, siang, pagi sobat semua. Ada yang gak tau Chicken alias ayam yang di goreng menggunakan tepung. Nah itu makanan yang sangat saya sukai dan sangat populer dan sangat digemari banyak orang. Sudah sangat biasa jika masakan yang satu ini terkenal seantero jagat.

Makanan yang satu ini tak sulit untuk dijumpai di seluruh dunia mungkin. Saya rasa cukup mudah untuk mendapatkannya. Meski mudah di dapat, tak ada salahnya kita mencoba bereksperimen dengan membuatnya sendiri dengan resep membuat fried chicken yang renyah crispy. Dengan begitu kan sedikit menghemat pengeluaran kita bukan. Oke langsung saja kita mencoba Cara Membuat-Nya.

Artikel Menarik : Resep Membuat Martabak Manis Dan Gurih

Membuat sebuah fried chicken renyah atau crispy sebetulnya tidak terlalu sulit, cukup dengan belajar resepnya saja saya rasa sudah bias membuatnya. Untuk menemukan sebuah cita rasa yang sesuai dengan selera kita memerlukan beberapa kali percobaan.

Kalau mau yang instan juga sudah tersedia banyak sekali produk tepung yang siap pakai sebagai pelapis fried chicken dan sekalilgus bumbu pelengkapnya. Tetapi kalih ini saya akan mencoba membagikan tips untuk membuat dan mengolahnya sendiri, mulai dari bumbu-bumbunya.

Bahan-bahan membuat fried chicken yang pertama yang harus disiapkan.
-    Siapkan 1 ekor ayam dengan ukuran kira-kira 1,2 kg berat badanya. Lalu potong-potong menjadi      beberapa bagian tertentu,         seperti paha, dada dan sayap.
-    Air perasan dari 1 buah jeruk nipis, ini untuk menghilangkan bau amir ayam tadi. Kalau dikasih perasan air jeruk nipis daging         ayam akan harum bau jeruk nipis.
-    Siapkan juga 2 butir telur ayam, tapi di ambil putih telurnya saja sebagai bahan adonan tepung.
-    Yang terahir minyak untuk menggoreng minimal 500 ml, Tapi saran saya secukupnya saya.
        Bumbu Ayam jangan lupa sobat, agar rasa ayam terasa makyoss:

-  4 siung bawang putih.
-  4 butir kemiri.
-  1 sdt ketumbar.
-  1/2 sdt lada bubuk.
-  1 cm jahe dan lengkuas.
-  garam dan penyedap rasa secukupnya.

Bumbu Tepung, juga sangat perlu di pertimbangkan agar rasa fried chicken renyah atau crispy :

- 250 gr tepung terigu protein sedang.
- 1 sdt soda kue.
- 1 sdt ketumbar bubuk.
- 1 sdt garam.
- 1 sdt merica bubuk.

Cara Membuat Fried Chicken tentu juga harus diperhatikan karena dapat mempengaruhi adonan:
1.    Langkah pertama adalah melumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis kemudian sisihkan.
2.    Haluskan semua bumbu ayam kemudian tumis sampai harum, masukkan ayam dan tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya, aduk         merata, beri sedikit air dan diamkan beberapa saat agar bumbu meresap dan airnya mengering setelah itu ayam diangkat dan         sisihkan, biarkan beberapa saat hingga dingin.
3.    Ambil wadah yang agak besar dan tuangkan tepung terigu beserta semua bumbu tepung, aduk-aduk dengan tangan agar bumbu         tercampur sempurna.
4.    Ambil potongan ayam, celupkan kedalam putih telur dan gulingkan kedalam bumbu tepung sambil agak diremas-remas agar tepungnya         menempel, lakukan 2 atau 3 kali jika ingin tepung yang lebih tebal. Ulangi langkah ini hingga semua potongan ayam terbalut         tepung.
5.    Siapkan penggorengan dan panaskan minyak goreng hingga benar-benar panas. Masukkan potongan-potongan ayam yang sudah terbalut         tepung satu per satu dan goreng hingga matang, jika warnanya sudah berubah menjadi kuning kecoklatan berarti fried chicken         crispy kita sudah matang.
6.    Angkat ayam goreng dan tiriskan diatas kertas tisu dapur agar minyaknya terserap.
7.    Fried chicken renyah crispy kita telah siap dihidangkan.

Tips Membuat Fried Chicken

Untuk mendapatkan hasil menggoreng yang bagus, fried chicken harus digoreng dengan cara 'yang benar' itu artinya membutuhkan minyak yang banyak agar semua bagian terendam, dengan cara ini fried chicken matang merata luar dalam. Pastikan minyak goreng benar-benar panas sebelum memulai proses menggoreng, jika tidak hasil yang didapat tidak akan renyah sempurna.
Komentar Facebook
0 Komentar untuk "Cara Mudah Atau Resep Membuat Fried Chicken ( Renyah Crispy )"

Back To Top